Minggu, 05 Juni 2016

Kriteria Blog Yang Disukai Google

Hallo sobat blogger, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips kepada anda semua,bagaimana caranya blog yang kita kelola bisa disukai google. Tentunya kita akan senang jika blog yang kita kelola ini bisa disukai google, namun google juga memperhatikan kriteria kriteria blog tersebut. google bisa saja memberi penghargaan suatu blog tersebut dengan berbagai macam cara, misalnya blog itu mendapatkan Sitelink, dll.

Kriteria Blog Yang Disukai Google
Kriteria Blog Yang Disukai Google

Bersaing di mesin pencari itu bukanlah perkara mudah. kita harus bersabar dan terus bersabar agar blog atau artikel kita bisa masuk ke 10 besar di pencarian google. dan halaman 10 besar tersebut sudah diakui oleh google bahwa artikel atau blog tersebut mempunyai kualitas yang baik. Banyak blogger yang bertanya, bagaimana caranya agar bisa mendapatkan halaman pertama di pencarian google?.

[ BACA JUGA : Apa Itu Black Hat SEO Dan White Hat SEO? ]

Pada dasarnya, untuk muncul dihalaman paling tertinggi atau pertama di google itu sangatlah mudah. bahkan kita tidak harus menggunakan teknik teknik illegal seperti Black Hat SEO. karena Google saat ini juga tahan dengan sergapan teknik teknik jahat. jadi, jika anda ingin mendapatkan halaman tertinggi atau pertama di pencarian google, anda harus melihat kriteria kriteria blog yang disenangi google.

1. Google Menyukai Blog Yang Berdomain TLD

Jika berbicara mengenai blog yang berdomain TLD, dan bukan menggunakan domain blogspot atau wordpress. walau Google suka dengan blog yang berdomain TLD, tetapi bukan berarti google membenci blog yang berdomain blogspot atau wordpress. hanya saja google memperlakukan khusus bagi blog yang mempunyai TLD.

Mengapa google menyukai blog yang berdomain TLD? jawabannya sederhana. dimana mana yang namanya bayar akan didahulukan. Tetapi itu tidak menjadi kemungkinan, bahwa blog yang berdomain blogspot atau wordpress dan mempunyai konten konten yang berkualitas akan bisa menandingi blog yang berdomain TLD.

2. Google Menyukai Blog Yang Sudah Berumur

Mungkin ini adalah kriteria yang aneh, tetapi ini tetap masuk akal. karena google juga menyukai blog blog yang berumur tua. bukan dari selera,tetapi google juga melihat dari kematangannya. Semakin tua umur pada blog tersebut, maka google lebih menyukai blog tersebut. karena blog yang sudah berumur mempunyai konten konten yang banyak termasuk Postingan yang ada di blog tersebut.

saya juga mempunyai blog yang sudah berumur lebih dari 4 tahun. tetapi blog saya itu tidak terindeks di mesin pencari google. dikarenakan blog saya yang sudah berumur itu jarang update artikel dan postingannya masih sedikit termasuk pengunjungnya tidak ada. Tetapi, tidak semua blog tua yang menjadi pujaan google. hanya blog blog tua yang bisa menjaga dan meningkatkan kualitas yang sudah disenangi google. 


3. Google Menyukai Dengan Blog Yang Kontennya Banyak

Sama seperti yang sudah saya jelaskan diatas,semakin tua umur blog tersebut maka semakin banyak pula blog tersebut memiliki banyak postingan. jumlah yang menurut google itu belum ada batasannya, jika anda mempunyai 10 artikel itu masih terbilang sedikit.

Intinya adalah sering seringlah buat postingan yang banyak, semakin banyak anda mempunyai artikel di blog anda, maka semakin baik. saya sarankan untuk membuat postingan minimal 2 atau 3 artikel dalam sehari,jika tidak mampu anda bisa memposting 1 artikel dalam sehari. karena dengan makin banyaknya jumlah postingan blog anda, maka halaman yang dijelajahi google akan semakin banyak. dan anda bisa mendapatkan peluang untuk mendapatkan peringkat pertama atau tertinggi di pencarian google.

4. Google Menyukai Blog Yang Mempunyai Konten Berkualitas

Mungkin ini hampir sama seperti nomor 3 yang ada diatas, akan tetapi jika blog tersebut memiliki banyak konten tetapi kontennya tak bermutu, maka blog tersebut bukan kriteria google. Google juga memang selektif dalam memilih blog yang mempunyai kualitas yang baik. Selain harus banyak,blog tersebut harus mempunyai konten yang berkualitas juga.

Salah satu cara membuat konten yang berkualitas adalah dengan tidak mencopas artikel orang lain. google juga mengetahui apakah artikel tersebut hasil copasan atau tidak, jadi mulai sekarang belajarlah menulis dan menulis agar kedepannya anda lancar dalam menulis artikel, saya juga lagi belajar menulis artikel yang baik, walaupun bahasa yangsaya tulis ini masih terbilang kaku, karena saya masih belajar hehe.

5. Google Membenci Blog Spammer

Jika Google membenci blog yang spammer, artinya Google menyukai blog yang bermanfaat dan berkualitas. Setiap saat, google selalu memperbaiki hasil pencariannya. google membersihkan blog blog yang isinya hanya selalu spam saja. banyak dari blogger blogger yang suka spam di blog lain,sehingga blog yang suka spam tersebut ditendang di Google. karena kerjaannya hanya spam spam saja. Jadi hati hatilah untuk hal ini.

6. Google Menyukai Kesederhanaan

Apakah kalian pernah ditolak dari google adsense? tentunya anda pernah ditolak. karena dari blog yang anda ajukan di google adsense,anda belum memenuhi persyaratan yang ada. salah satunya adalah navigasi yang baik. Itu artinya, google menilai dari segi tampilan.

Apakah kalian tahu? bahwa google mencintai yang namanya kesederhanaan. intinya jangan terlalu memasang banyak widget widget yang menurut anda keren, karena jika widget itu menurut anda keren,belum tentu google sama sepikiran dengan anda. Jadi menurut Google sederhana itu lebih baik.

7. Google Menyukai Blog Yang Selalu Update

Ini adalah hal yang paling banyak dilupakan blogger. banyak yang berpikir,jika jumlah postingan yang ada di blog mereka sudah banyak maka sudah cukup. Memang benar, tetapi persaingan dan informasi yang terus berkembang mengharuskan kita untuk mengupgrade diri.

Jika cepat puas hasil yang biasa biasa saja,maka kita akan tertinggal jauh dengan orang lain. jadi rutinlah dalam update postingan, minimal dua atau tiga artikel dalam sehari. jika lebih dari itu maka lebih baik.


8. Google Menyukai Blog Yang Mempunyai Satu Topik

List yang terkahir dari kriteria blog yang disukai adalah google menyukai blog yang fokus dalam satu topik. sangat jarang blog gado gado mampu bersaing di mesin pencari dengan blog yang mempunyai satu topik. Jadi,buatlah blog yang mempunyai topik tertentu. jika terlalu banyak mengangkat topik, maka Google akan kebingungan dalam menentukan jenis pencarian yang cocok untuk blog anda.

Dengan menetapkan satu topik khusus, Google akan mudah menandai bahwa blog anda bisa memecahkan satu topik. ini juga menunjukkan professionalisme anda dalam satu topik. Saya yakin, jika anda serius dalam satu topik. Google tidak akan mengabaikan blog anda.Dijamin, dari 8 kriteria diatas, dan blog anda fokus dalam satu topik. blog anda akan makin dicintai oleh Google.

Demikianlah artikel dari kriteria blog yang disukai google. Jika anda memang untuk menjadi full time blogger, maka jangan lupa trafik terbesar adalah google. walaupun jadi yang terbesar,bukan berarti satu satunya. semoga artikel ini bisa bermanfaat ya, wassalamualaikum wr, wb.